Capaian Pembelajaran

| 20-12-2014   10:11:19 WIB

Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi  D-III Kebidanan  Universitas Ubudiyah Indonesia

Capaian Pembelajaran Sikap dan Keterampilan Umum

  • a) Sikap Umum
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan praktik kebidanan berdasarkan agama, moral, dan filosofi, kode etik profesi, serta standar  kebidanan
  3. Berkontribusi dalam  peningkatan  mutu  kehidupan  bermasyarakat,  berbangsa,  bernegara,  dan  kemajuan  peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air,  memiliki  nasionalisme  serta  rasa  tanggungjawab  pada Negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Menghargai martabat perempuan sebagai individu yang memiliki hak-hak, potensi, privasi, keragaman budaya/etnik dan keyakinan/agama
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta dalam kehidupan berprofesi;
  9. Menginternalisasi nilai-nilai luhur, norma, filosofi, paradigma, dan kode etik profesi bidan serta etika akademik
  10. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya dalam memberikan pelayanan dan asuhan kebidanan sesuai kewenangannya;
  11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

b). Keterampilan Umum

  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan memilih beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku dalam pelayanan dan asuhan kebidanan berdasarkan analisis data
  2. Mampu menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur sesuai dengan standar prosedur operasional dalam memberikan pelayanan dan asuhan kebidanan
  3. Mampu memecahkan masalah dalam pelayanan dan asuhan kebidanan sesuai dengan kompetensi, kewenangan yang berbasis bukti ilmiah dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
  4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan
  5. Mampu bekerja sama, berkomunikasi teknis dan prosedural dalam pekerjaannya
  6. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
  7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiarism

 

 Capaian pembelajaran pengetahuan dan sikap khusus yang berhubungan dengan profil care provider , meliputi:

  • a) Pengetahuan
  1. Menguasai konsep teoretis fisiologi lingkaran hidup manusia (Human Lifecycle Physiology) secara mendalam.
  1. Menguasai konsep teoretis ekologi manusia, biologi reproduksi dan pengembangan secara umum;
  2. Menguasai konsep teoretis psikologi perkembangan yang berkaitan dengan siklus reproduksi perempuan secara umum;
  3. Menguasai konsep umum sains alam, khususnya mikrobiologi, kimia, fisika, dan biokimia.
  4. Menguasai konsep umum sains sosial, khususnya ekonomi kesehatan, kebijakan publik di bidang kesehatan, antropologi budaya, perbandingan agama dan kepercayaan.
  5. Menguasai konsep umum ilmu gizi dalam siklus reproduksi perempuan dan farmakologi
  6. Mengetahui pengetahuan faktual tentang jenis, masa inkubasi, dampak penyakit-penyakit umum dan infeksi pada kehamilan dan persalinan.
  7. Menguasai pengetahuan faktual tentang etika dan hukum perundang-undangan dalam asuhan kebidanan
  8. Menguasai konsep umum, prinsip, dan teknik komunikasi efektif lintas budaya pada substansi kesehatan perempuan, ibu, dan anak kepada klien dan masyarakat.
  9. Menguasai konsep, prinsip, dan teknik komunikasi teurapeutik pada substansi kesehatan perempuan, ibu, dan anak kepada profesi lain yang relevan.
  10. Menguasai konsep umum kesehatan masyarakat pada substansi promosi kesehatan perempuan, ibu, dan anak.

 b) Keterampilan Khusus

  1. Mampu memberikan asuhan kebidanan pada kehamilan dan persalinan normal sesuai standar mutu yang berlaku*), dan kode etik profesi sesuai kewenangannya
  2. Mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada pasca salin (postpartum) normal dan pasca salin sesuai standar mutu yang berlaku*), dan kode etik profesi sesuai kewenangannya
  3. Mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada bayi baru lahir (neonatus) bayi dan balita normal, sesuai standar mutu yang berlaku*), dan kode etik profesi sesuai kewenangannya
  4. Mampu melakukan deteksi dini kelainan pada kehamilan, pasca salin, bayi baru lahir, bayi dan balita normal, serta memberikan rujukan kepada profesional lain yang relevan, sesuai kewenangannya
  5. Mampu melakukan deteksi dini kelainan saat persalinan normal, penanganan awal kegawatdaruratan ibu dan anak (maternal neonatal) serta berkolaborasi dengan profesional lain yang relevan, sesuai kewenangannya.
  6. Mampu melaksanakan pelayanan kontrasepsi oral, suntik, dan kondom dengan menggunakan metode sederhana sesuai standar mutu yang berlaku*), kode etik profesi, dengan mempertimbangkan aspek budaya setempat
  7. Mampu mencatat dan mendokumentasikan asuhan kebidanan ( butir 1-6) sesuai sistem rekam medis yang berlaku.
  8. Mampu berkomunikasi teknis dan prosedural secara verbal dan non-verbal dengan perempuan, keluarganya, dan masyarakat, serta teman sejawat untuk meningkatkan kesehatan perempuan, ibu, dan anak.
  9. Mampu melaksanakan promosi kesehatan reproduksi yang sudah dirancang institusi.