Beasiswa

| 20-12-2014   09:45:47 WIB

Prodi D-III Kebidanan UUI menyediakan berbagai beasiswa yang dapat membantu kelancaran perkuliahan mahasiswa. Beasiswa yang dikelola oleh Prodi D-III Kebidanan UUI berasal dari berbagai sumber pendanaan, seperti pemerintah pusat (DIKTI), pemerintah Aceh, maupun beasiswa dari Yayasan Ubudiyah Indonesia. Beasiswa-beasiswa yang dikelola oleh Prodi Akuntansi UUI diperuntukkan kepada seluruh mahasiswa yang berprestasi secara akademik namun memiliki keterbatasan keuangan dan ekonomi. Pemberian beasiswa ini merupakan bentuk komitmen Prodi Akuntansi dan Yayasan Ubudiyah Indonesia untuk terus memberikan dukungan dan semangat kepada Putra-Putri terbaik Aceh, bahwa biaya kuliah bukanlah penghalang untuk maju dan mendapatkan pendidikan. Adapun beasiswa yang dikelola adalah sebagai berikut:

1. Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa-BPP PPA)

Beasiswa ini adalah beasiswa yang bersumber dari Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) yang dahulunya bernama Beasiswa PPA dan BBM. Beasiswa ini diberikan dengan pertimbangan utama prestasi, sedangkan bantuan biaya pendidikan diberikan dengan pertimbangan utama keterbatasan ekonomi.

 

Syarat untuk mendapatkan beasiswa ini adalah sebagai berikut:

a) Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai bukti mahasiswa aktif;

b) Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya (ko-kurikuler dan atau ekstra kurikuler) yang diselenggarakan oleh Kemdikbud dan atau organisasi lain baik pada tingkat Nasional, Regional, maupun Internasional.

c) Surat pernyataan tidak menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lain dari sumber APBN/APBD yang diketahui oleh  Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan;

d) Rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan;

e) Fotokopi kartu keluarga

f)  Fotokopi transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 2,75 yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi;

g) Surat keterangan penghasilan orang tua dari instansi tempat bekerja atau surat pernyataan penghasilan orang tua bermeterai bagi yang berwirausaha.

2. Beasiswa untuk Pendidikan Mahasiswa S1 dan D3 yang sedang menyelesaikan tugas akhir, yang bersumber dari Dana Zakat Baitul Mal Aceh.

Syarat-syarat untuk mendapatkan beasiswa ini adalah:

a)  Surat Keterangan keluarga miskin yang dikeluarkan oleh kepala desa.

b) Surat keputusan pembimbing/surat keterangan sedang melaksanakan penelitian akhir/ surat sedang menyelesaikan tugas akhir yang ditanda tangani pihak perguruan tinggi

c) Surat keterangan aktif kuliah

d) Transkip Nilai

e) Surat keterangan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain yang ditanda tangani pihak perguruan tinggi

f)  Foto Copy Kartu Keluarga

g) KTM/KTP

h) Pas Photo Ukuran 3x4 sebanyak 1 Lembar

i)  Mengisi formulir

 

3. BIDIKMISI

  Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan terhadap yang berprestasi, bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang mana memberikan fasilitas pada yang tidak mampu untuk dapat memutus mata rantai kemiskinan.

 

Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Prodi D-III Kebidanan angkatan 2013 memiliki 20 orang mahasiswi BIDIKMISI yang masi aktif mengikuti proses perkuliahan.

 

4. Beasiswa PT. Panen Subur Jakarta

    Beasiswa ini adalah beasiswa yang diberikan oleh PT. Panen Subur Jakarta kepada mahasiswi Kab. Nagan raya yang berjumlah 8 orang dan masi aktif mengikuti proses perkuliahan.

 

5. Beasiswa Yayasan Ubudiyah Indonesia

Beasiswa ini adalah beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Ubudiyah Indonesia kepada mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi namun memiliki keterbatasan biaya. Penerima beasiswa ini kebanyakan berasal dari desa-desa lingkungan Universitas Ubudiyah Indonesia. Namun tidak menutup kemungkinan untuk mahasiswa dari daerah lainnya yang juga memiliki prestasi akademik yang baik.